Muhaimin Minta Pemda Dorong PKL Ikut Jamsostek

Muhaimin Minta Pemda Dorong PKL Ikut Jamsostek
Muhaimin Minta Pemda Dorong PKL Ikut Jamsostek
JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar meminta seluruh pemerintah daerah (pemda) untuk menata dan memberi ruang bagi keberadaan para pedagang kaki lima (PKL) di wilayah masing-masing. Untuk itu, dinas-dinas tenaga kerja juga harus mensosialisasikan program Jaminan Sosial Tenaga Kerja luar Hubungan Kerja (LHK) yang bisa dimanfaatkan oleh para PKL dengan mendaftarkan diri sebagai peserta Jamsostek.

"Pemda harus beri perhatian khusus pada penataan PKL. Keberadaan PKL memberikan manfaat dalam mensuplai kebutuhan konsumsi masyarakat, menyerap lapangan kerja, dan penyangga ekonomi," kata Muhaimin di kantor Kemnakertrans, Jakarta, Kamis (28/2).

Menurutnya, PKL  merupakan kekuatan ekonomi yang luar biasa. Tak hanya menampung tenaga kerja, kata Muhaimin, PKL juga mampu menjadi penyangga perekonomian dengan menyediakan kebutuhan masyarakat.

 

Muhaimin memerkirakan saat ini diperkirakan jumlah PKL di Indonesia mencapai 22,7 juta orang. Sementara tenaga kerja informal yang terserap sekitar 90 juta orang. 

JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar meminta seluruh pemerintah daerah (pemda) untuk menata dan memberi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News