17 Ibu Rumah Tangga Positif HIV AIDS

17 Ibu Rumah Tangga Positif HIV AIDS
17 Ibu Rumah Tangga Positif HIV AIDS
TASIK – Sampai tahun ini, sebanyak 17 ibu rumah tangga di Kota Tasikmalaya mengidap HIV/AIDS. Mereka menjadi bagian dari 220 orang yang terjangkit virus mematikan di Kota Resik ini.

Pengelola Program TB dan HIV Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Ari H Kusmara mengatakan penyebaran virus HIV kepada ibu rumah tangga berasal dari suami mereka. Seorang istri yang terjangkit virus HIV, kata dia, biasanya diketahui lima sampai sepuluh tahun sejak saat si istri sakit.

Selain ibu rumah tangga, di Kota Tasik juga  ditemukan anak yang terjangkit HIV/AIDS. “Ada enam anak yang mengidap (HIV/AIDS) karena penularan saat (ibunya) melahirkan,” tuturnya di Kantor Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Kamis (28/1).

Anak-anak yang tertular, kata dia, juga bisa dari pria (ayah bayi) yang sejak awal menikah sudah positif terkena virus, lalu menularkannya kepada perempuan (ibu bayi). Seorang anak, kata Ari, baru bisa terdeteksi postif HIV/AIDS setelah dilakukan rapid test setelah usia bayi mencapai 18 bulan.

TASIK – Sampai tahun ini, sebanyak 17 ibu rumah tangga di Kota Tasikmalaya mengidap HIV/AIDS. Mereka menjadi bagian dari 220 orang yang terjangkit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News