Jumlah Golput Diprediksi Terus Meningkat

Jumlah Golput Diprediksi Terus Meningkat
Jumlah Golput Diprediksi Terus Meningkat
JAKARTA - Pemilu 2014 diprediksi akan diwarnai rendahnya tingkat pemilih. Jika 50 persen orang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) tidak menggunakan haknya itu akan berbahaya bagi keberlangsungan pemerintahan ke depan.

"Kalau itu terjadi, sangat riskan terhadap adanya pembangkangan masyarakat. Baik kepada legislatif, yudikatif, eksekutif maupun terhadap  produk undang-undang yang mereka lahirkan," ujar Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Yus Fitriadi, di Jakarta, Jumat (1/3).

Menurut Yus, indikasi penurunan diantaranya terlihat pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat yang digelar 24 Februari lalu. Dimana angka golput mencapai 40 persen. Sementara pasangan calon gubernur yang menang, hanya mengantongi  27 persen suara.

"Saya terus terang ngeri melihat hal ini. Karena jumlah masyarakat yang tidak memilih nyaris 50 persen. Ini menunjukan ke arah itu. Kenyataan ini cukup riskan dan sangat berbahaya, apalagi mengingat Jabar itu kan salah satu kantong suara pemilih terbesar d Indonesia," ujarnya.

JAKARTA - Pemilu 2014 diprediksi akan diwarnai rendahnya tingkat pemilih. Jika 50 persen orang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News