Abadikan Letusan Etna dari Luar Angkasa

Abadikan Letusan Etna dari Luar Angkasa
Abadikan Letusan Etna dari Luar Angkasa
PALERMO – Gunung Etna meletus secara dramatis pada Jumat lalu (1/3). Letusan gunung api teraktif di Eropa maupun dunia itu mengirimkan gumpalan abu vulkanik tebal di udara dari salah satu kawahnya di bagian tengah, Voragine.

Gunung setinggi 3.329 meter yang terletak di timur Pulau Sisilia, selatan Italia, tersebut menunjukkan aktivitas yang aktif secara konstan. Letusan Etna itu merupakan rangkaian erupsi paroksismal yang mulai sejak 19 Februari lalu.

Erupsi Etna belum berhenti. Sabtu (2/3) lava pijar menyembur dari kawahnya yang lain, Bocca Nuova. Meski menimbulkan gumpalan abu vulkanik yang luar biasa, letusan Etna dianggap belum sampai membahayakan. Penerbangan dari dan ke Bandara Catania-Fontanarossa atau Bandara Vincenzo Bellini di Catania, kota terbesar kedua di Sisilia, belum terpengaruh.

Aktivitas vulkanik Etna ternyata juga bisa dipantau dari luar angkasa. Astronot Chris Hadfield, yang ada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station atau ISS), berhasil mengabadikannya dalam foto saat Etna meletus dan menyemburkan abu vulkanik pada Kamis pagi lalu (28/2).

PALERMO – Gunung Etna meletus secara dramatis pada Jumat lalu (1/3). Letusan gunung api teraktif di Eropa maupun dunia itu mengirimkan gumpalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News