Kongres Oposisi Pilih Suu Kyi Lagi

Kongres Oposisi Pilih Suu Kyi Lagi
Kongres Oposisi Pilih Suu Kyi Lagi
YANGON - Tokoh demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi, 67, agaknya belum tergantikan untuk memimpin partai oposisi Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD). Buktinya, kongres yang berlangsung restoran Royal Rose, Yangon, kemarin (10/3) memutuskan untuk memilih lagi anggota parlemen Myanmar itu sebagai pemimpin.

Kongres itu merupakan yang pertama kali digelar NLD dalam menghadapi pemilu 2015. Ratusan kader berkumpul di Yangon untuk menghadiri kongres itu. Unjuk kekuatan politik tersebut tidak mungkin terjadi pada era rezim junta militer pada masa lalu.

Kongres juga membahas tantangan yang bakal dihadapi NLD di tengah minimnya pengalaman dalam berkompetisi saat menghadapi pemilu mendatang. "Kita harus merebut kesempatan ini," ujar Suu Kyi di depan sekitar 850 orang perwakilan partai yang hadir dalam kongres tiga hari itu.

Suu Kyi terpilih secara aklamasi. Penunjukan tokoh yang belasan tahun menjadi tahanan rumah itu mengecewakan kader yang menginginkan muncul darah baru dan adanya penyegaran dalam kepemimpinan partai oposisi utama di Myanmar tersebut.

YANGON - Tokoh demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi, 67, agaknya belum tergantikan untuk memimpin partai oposisi Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News