115 Kardinal Mulai Pilih Paus Baru

115 Kardinal Mulai Pilih Paus Baru
PUNYA SUARA: Ratusan kardinal dari seluruh dunia berkumpul untuk memilih Paus yang baru. FOTO: Net
VATIKAN - Hari ini sebanyak 115 kardinal dari seluruh dunia dijadwalkan mulai melaksanakan pemilihan paus baru (konklaf) di Kapel Sistine, Vatikan. Mereka akan memilih pemimpin baru umat Katolik pengganti Paus Benediktus XVI yang mengundurkan diri.

      

Begitu para kardinal masuk Kapel Sistine, pintu langsung dikunci. Segala macam kontak dengan dunia luar bakal diputus. Tak ada koran, televisi, telepon seluler, atau sosial media seperti Twitter. Di sekitar gedung juga sudah dipasang pengacak sinyal untuk menjaga para kardinal dari intervensi pihak luar.

      

Tradisi tutup pintu ini sudah dimulai sejak 1268-1271 ketika para kardinal mengadakan pertemuan di Viterbo, Lazio, Italia. Kala itu, gara-gara persaingan politik di antara para kardinal, pemilihan paus memakan waktu hingga 2 tahun 8 bulan.

Padahal, saat itu jumlah kardinal hanya 15 orang. Umat yang tidak sabar kemudian mengurung para kardinal di ruangan terkunci agar tidak terpengaruh dunia luar. Sejak saat itulah muncul istilah konklaf yang berasal dari kata Latin conclave (dengan kunci) dalam pemilihan paus.

      

VATIKAN - Hari ini sebanyak 115 kardinal dari seluruh dunia dijadwalkan mulai melaksanakan pemilihan paus baru (konklaf) di Kapel Sistine, Vatikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News