Paus Baru yang Serba Satu

Paus Baru yang Serba Satu
Paus Baru yang Serba Satu
VATICAN CITY--Fumata bianca (asap putih) yang mengepul dari cerobong Kapel Sistine, Rabu malam (13/3) waktu setempat (Kamis, pukul 02.00 WIB), mengakhiri penantian 1,2 miliar umat Katolik di seluruh penjuru jagat yang tengah menunggu pemimpin baru.

Sekitar sejam kemudian, Kardinal Jorge Mario Bergoglio, uskup agung Buenos Aires, Argentina, menyapa peziarah dari balkon Basilika Santo Petrus, Vatikan. Dialah yang lantas mengambil nama Fransiskus, paus baru yang "serba nomor satu".

Ya, Kardinal Bergoglio adalah orang pertama di antara 266 paus dalam kurun 2 ribu tahun terakhir yang memakai nama Fransiskus (Francis). Dia pula orang nomor satu dari luar Eropa yang terpilih sebagai paus pada era modern. Dia orang nomor satu dari tarekat (ordo) Serikat Jesuit yang menjadi paus (lihat grafis). Bahkan, dia hanya hidup dengan satu paru-paru!

Munculnya nama Kardinal Bergoglio sebagai paus baru memang cukup mengejutkan. Betapa tidak, namanya hampir tidak pernah disebut sebagai papabili (kandidat potensial) oleh para pengamat. Bergoglio kalah beken ketimbang Uskup Agung Milan Kardinal Angelo Scola hingga kardinal dari Amerika Serikat, Timothy Dolan dan Sean O"Malley.

VATICAN CITY--Fumata bianca (asap putih) yang mengepul dari cerobong Kapel Sistine, Rabu malam (13/3) waktu setempat (Kamis, pukul 02.00 WIB), mengakhiri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News