Paus Dambakan Gereja Miskin bagi Orang Miskin

Paus Dambakan Gereja Miskin bagi Orang Miskin
Paus Dambakan Gereja Miskin bagi Orang Miskin
JAKARTA - Terpilihnya Jorge Bergoglio sebagai Paus baru diramalkan akan membawa gereja Katholik ke arah yang lebih bersahaja. Sebagai seorang anggota Ordo Jesuit, Paus yang memilih nama Fransiskus I itu telah mengambil sumpah untuk hidup miskin.

Prediksi ini terbukti dengan pernyataannya di Vatikan hari ini (16/3). Dalam sebuah pertemuan dengan sejumlah jurnalis, pemimpin tertinggi 1,2 miliar umat Katholik itu secara gamblang mengaku mendambakan gereja yang miskin. "Saya mendambakan gereja yang miskin dan untuk orang miskin," ujarnya.

Hal ini diungkapkan Paus saat menjelaskan alasan pemilihan nama Fransiskus sebagai gelarnya. Menurut pengganti Joseph Ratzinger ini, nama Fransiskus terinspirasi dari Santo Fransiskus Asisi. "Seorang yang lekat dengan kemiskinan dan perdamaian," ujar Paus mengenai sosok sang Santo seperti dikutip dari kantor berita Reuters, Sabtu (16/3).

Sikap bersahaja Paus Fransiskus sebenarnya sudah terlihat pada malam saat dirinya terpilih. Usai pemilihan, ia menolak untuk menaiki limosin khusus Paus dan lebih memilih naik bus bersama para kardinal lainnya.

JAKARTA - Terpilihnya Jorge Bergoglio sebagai Paus baru diramalkan akan membawa gereja Katholik ke arah yang lebih bersahaja. Sebagai seorang anggota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News