Sabtu, 01 November 2014 | 12:25:21
Home / Internasional / Eropa / Polisi Inggris Ajari Warga Cara Cium Ganja

Rabu, 20 Maret 2013 , 22:07:00

ONDON - Pemerintah Inggris rupanya semakin gerah dengan peningkatan penggunaan ganja yang semakin meraja-lela. Bahkan, kini aparat pun gencar meminta agar masyarakat melaporkan jika ada warga yang menanam tanaman memabukkan itu di daerah perumahan.

Salah satu upaya aparat adalah menyebarkan brosur berisi informasi tentang cara mencium ganja. Gunanya untuk membantu warga umum bisa mengetahui keberadaan tanaman tersebut.

Ya, di negara Ratu Elizabet itu, warganya mulai banyak yang menanam ganja di halaman rumahnya secara diam-diam. Bahkan polisi mencacat peningkatan penanaman ganja di tahun 2012 meningkat 15 persen dibanding tahun sebelumnya.

Untuk menanam ganja, orang harus menggunakan alat pemanas. Nah alat pemanas itu sering menyebabkan kebakaran.

Di wilayah London, misalnya, polisi berhasil menemukan 1.600 perkebunan ganja sepanjang tahun 2010-2012.

Direktur Operasi Lembaga Sosial Crimestopoers, Roger Critchell mengatakan brosur disebarkan karena banyak orang yang tidak tahu bahwa ada perkebunan ganja di sekitar tempat tinggalnya.

"Banyak yang tidak menyadari kaitan erat bahwa menanam ganja sangat dekat dengan kejahatan terorganisir yang serius," katanya seperti dilansir BBC.

Menurut Critchell, ganja bisa ditanam di lantai atas sebuah rumah atau di lantai bawah dan biasanya ada yang menjaga rumah yang menjadi 'pabrik' ganja itu. Para warga juga diminta untuk mengamati gerak gerik yang terjadi dalam rumah disekitar mereka. (mas/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar