Jumat, 28 November 2014 | 23:52:57
Home / Internasional / Global / Pendaki Pertama Everest Akhirnya Meninggal Semua

Jumat, 22 Maret 2013 , 18:32:00

George Lowe orang yang pertama mendaki puncak gunung tertinggi di dunia. FOTO: telegraph.co.uk
George Lowe orang yang pertama mendaki puncak gunung tertinggi di dunia. FOTO: telegraph.co.uk
BERITA TERKAIT

DERBYSHIRE - Dunia pernah dikejutkan ketika tiga orang pendaki berhasil menaklukkan gunung Everest pada 29 Mei 1953 silam. Itulah kali pertama ada orang yang berhasil menaklukkan gunung Everest. Tiga orang yang mengukir sejarah itu ialah Edmund Hillary, Tenzing Norgary serta George Lowe. Media pun ramai-ramai mewawancarai tiga orang tersebut.

Kini, tidak akan ada lagi yang bisa dikorek dari ekspedisi bersejarah tersebut. Setelah Hillary dan Norgary meninggal dunia, hari ini Lowe menyusul dua rekannya tersebut. Lowe yang saat ini berusia 89 tahun meninggal di Ripley, Derbyshire karena mengalami sakit akut berkepanjangan.

Kepergian Lowe meninggalkan duka mendalam bagi keluarga dan teman-temannya. Mereka menyebut Lowe sebagai sosok yang pemberani dan sangat jantan. Sejarawan Huw Lewis Jones mengatakan, Lowe merupakan pahlawan untuk dirinya. Kata pahlawan sebenarnya sangat istimewa ketika diucapkan Jones. Sebab, selama ini, dia termasuk jarang memuji orang dengan kata itu.

“Saya jarang menggunakan kata pahlawan. Namun itu akan menjadi hal yang istimewa ketika saya menemukan orang yang tepat. Lowe adalah pahlawan untuk saya,” ujar Jones seperti dilasnir Daily Mail.

Selama hidupnya, sudah banyak gunung yang berhasil ditaklukkan Lowe. Selain Everest, pria yang memulai karir sebagai guru tersebut juga berhasil menaklukkan Himalaya. Dia juga berhasil membuat sebuah documenter mengenai pendakian di Everest. Karya itu bahkan berhasil masuk dalam Academy Award sebagai documenter terbaik.

“Dia adalah pahlawan yang tak pernah hilang. Dia pribadi yang sangat jantan. Lowe juga sangat dermawan,” ujar Jones. (jos/mas/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar