Harga Cabai Naik

Harga Cabai Naik
Harga Cabai Naik
SURABAYA- Setelah bawang putih, kini giliran harga cabai melonjak. Iklim yang tidak mendukung pada Januari-Februari membuat produksi menurun, sehingga suplai ke pasaran seret. Karena itu harganya terpicu meningkat. Saat ini harga cabai rawit di pasaran sekitar Rp 40.000-45.000 per kg.

Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Jatim Budi Setiawan mengatakan produksi cabai pada Januari-Februari tidak bisa maksimal. Apalagi, tanaman cabai rentan terhadap hujan, sehingga cepat membusuk. "Itu berimbas pada kenaikan harga cabai. Saat ini harga cabai rawit Rp 40.000 per kg, sedangkan cabai merah besar dan keriting sekitar Rp 18.000 per kg. Normalnya, harga cabai sekitar Rp 6.000-7.000 per kg," katanya Minggu (24/3).

Budi mengatakan, sebenarnya produksi cabai lokal Jatim kalau untuk konsumsi sendiri berlebih. Karena itu, sebagian besar produksi cabai dikirim ke luar daerah, seperti Jateng, Jabar, Kalimantan dan Sulawesi. "Selain dikirim ke daerah lain, pada bulan-bulan seperti sekarang ini ada peningkatan konsumsi cabai, sehingga produksi yang ada tidak mampu menutupi kebutuhan konsumen," tandas dia.

Tercatat produksi cabai sepanjang Januari-Maret sebanyak 14.600 ton. Dari total produksi itu, 13.200 ton di antaranya dikirim ke luar daerah. sedangkan, sisanya 1.400 ton untuk konsumsi masyarakat Jatim. Sementara areal tanam cabai tersebar di Lumajang, Blitar, Kediri, Malang, Bondowoso dan Banyuwangi.

SURABAYA- Setelah bawang putih, kini giliran harga cabai melonjak. Iklim yang tidak mendukung pada Januari-Februari membuat produksi menurun, sehingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News