Korut Umumkan Keadaan Perang

Korut Umumkan Keadaan Perang
Korut Umumkan Keadaan Perang
PYONGYANG – Ketegangan di Semenanjung Korea terus meningkat. Korea Utara (Korut) kembali bermanuver sebagai respons terhadap latihan militer gabungan Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) belakangan ini. Setelah menyiagakan rudal dan roket untuk menyerang AS, Sabtu (30/3) Korut giliran mendeklarasikan ’’kondisi perang’’ terhadap Korsel.

Itu merupakan rangkaian dari retorika kemarahan terbaru pemerintahan Kim Jong-un yang ditujukan pada Korsel dan AS. Pyongyang pun mewanti-wanti Seoul dan Washington bahwa setiap bentuk provokasi bakal berubah dan dapat meningkat menjadi konflik nuklir habis-habisan.

Tidak hanya itu, Korut juga mengancam untuk menutup kompleks kawasan industri Kaesong di selatan negaranya yang dioperasikan bersama Korsel. Lokasinya berada dekat zona demiliterisasi yang dijaga ketat militer kedua negara. Kawasan industri itulah satu-satunya kerja sama di antara dua negara yang masih terjalin untuk kepentingan ekonomi. Penutupan Kaesong akan diwujudkan kalau Korsel terus mengampanyekan bahwa kompleks industri itu selama ini tetap berjalan karena alasan (Korut butuh) uang.

’’Mulai saat ini, hubungan utara-selatan akan memasuki keadaan perang. Semua isu dan urusan antara kedua Korea akan ditangani secara patut sesuai protokol perang,’’ tegas pernyataan resmi pemerintah Korut seperti dikutip kantor berita KCNA.

PYONGYANG – Ketegangan di Semenanjung Korea terus meningkat. Korea Utara (Korut) kembali bermanuver sebagai respons terhadap latihan militer

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News