AS Pelajari Nuklir Korea Utara

AS Pelajari Nuklir Korea Utara
AS Pelajari Nuklir Korea Utara
WASHINGTON-- Para pejabat Amerika Serikat (AS) dan para pakar independen mengungkapkan Korea Utara (Korut) telah mengambil langkah-langkah yang tidak biasa untuk menyembunyikan rincian tentang senjata nuklir yang diuji pada bulan Februari 2013. Seperti dilansir dalam Washington Post, Senin (1/4), para ilmuan meyakini desain bom Korut telah menggunakan uranium dalam inti bom.

Hal ini diperkuat dengan dua analisis terpisah dari peledakan 12 Februari lalu, yang menegaskan efek ledakan meninggalkan jejak radioaktif di atmosfer. Yakni hasil deteksi pejabat AS dan para ahli senjata yang telah mempelajari data.

Para pejabat AS mengantisipasi tes dan dipantau dengan cermat untuk petunjuk tentang komposisi bom ketiga yang diledakkan Korut sejak tahun 2006. Dua bom pertama yang diujicobakan diduga menggunakan plutonium yang diambil dari persediaan bahan fisil,  yang dikembangkan Korut sejak akhir 1990-an.

Sebuah tes yang sukses dari sebuah bom uranium berbasis akan mengkonfirmasi bahwa Pyongyang telah mencapai jalur kedua untuk senjata nuklir, dengan menggunakan pasokan uranium alam dan teknologi pengayaan baru. Sebuah perangkat berdasarkan uranium yang diperkaya HEU, juga akan memperdalam kekhawatiran tentang kerjasama antara rezim hermetis dan Iran.

WASHINGTON-- Para pejabat Amerika Serikat (AS) dan para pakar independen mengungkapkan Korea Utara (Korut) telah mengambil langkah-langkah yang tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News