Ibu Rumah Tangga Paling Beresiko Tertular AIDS

Ibu Rumah Tangga Paling Beresiko Tertular AIDS
Ibu Rumah Tangga Paling Beresiko Tertular AIDS
JAKARTA - Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) mengingatkan bahaya HIV/AIDS. Dalam lima tahun terakhir jumlah pengidapnya di Indonesia mengalami lonjakan tajam. Yang mengkhawatirkan, pengidap dari kalangan ibu rumah tangga menempati urutan pertama pertumbuhan.

Data yang dirilis Kementerian Kesehatan, tahun 2012 lalu temuan pengidap HIV/AIDS dari kalangan ibu rumah tangga mencapai 936 kasus, yang merupakan catatan tertinggi berdasarkan jenis pekerjaan. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan temuan dari kalangan pekerja seks yang hanya 36 kasus. 

"Ini yang harus diwaspadai. Ibu rumah tangga yang suaminya memiliki perilaku beresiko memiliki resiko lebih besar tertular HIV/AIDS dan penyakit Infeksi Menular Seks lainnya," ungkap Sekretaris LKNU Anggia Ermarini di Jakarta, Rabu (3/4).

Menurutnya, NU merasa terpanggil untuk ikut prihatin dengan kondisi tersebut, karena dengan jamaah yang tersebar di pedesaan dengan tingkat pemahaman tentang HIV/AIDS yang rendah, hal ini juga menjadi ancaman.

JAKARTA - Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) mengingatkan bahaya HIV/AIDS. Dalam lima tahun terakhir jumlah pengidapnya di Indonesia mengalami

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News