KBRI Pyongyang Segera Evakuasi WNI

KBRI Pyongyang Segera Evakuasi WNI
KBRI Pyongyang Segera Evakuasi WNI
JAKARTA - Konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan yang kian panas membuat Kemenlu RI mempertimbangkan untuk mengevakuasi WNI dari dua negara tersebut. Apalagi, pada 5 April lalu, Kemenlu Korea Utara membrifing perwakilan-perwakilan asing di Pyongyang untuk membahas rencana evakuasi personel diplomatik dari negeri pimpinan Kim Jong-un itu.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Pyongyang termasuk yang turut membahas hal itu. ""KBRI Pyongyang memang sedang mempertimbangkan rencana evakuasi personel-personel perwakilan asing dari Pyongyang, Korea Utara,"" ujar Juru Bicara Kemenlu Michael Tene di Jakarta kemarin (6/4).

Tene mengungkapkan, selama ini KBRI Pyongyang juga telah mempersiapkan rencana terkait dengan langkah-langkah darurat untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi. Termasuk, kemungkinan evakuasi dan repatriasi atau pemulangan. ""Tentunya pelaksanaan dan penerapan rencana darurat tersebut disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi di Korea Utara,"" jelas Tene.

Terkait dengan langkah darurat, Tene memaparkan, pihaknya juga terus melaporkan hal itu kepada Menlu Marty Natalegawa. ""Menlu terus berkomunikasi dengan KBRI Pyongyang untuk memantau situasi di negara tersebut,"" papar Tene. Berdasar data, saat ini WNI di Korea Utara tercatat 30 orang.

JAKARTA - Konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan yang kian panas membuat Kemenlu RI mempertimbangkan untuk mengevakuasi WNI dari dua negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News