Usakti Siap Penuhi Kebutuhan Sarjana Teknik

Usakti Siap Penuhi Kebutuhan Sarjana Teknik
Usakti Siap Penuhi Kebutuhan Sarjana Teknik
JAKARTA - Dekan Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan Universitas Trisakti (Usakti), Bambang Endro Yuwono mengatakan Indonesia perlu menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) khusunya di bidang teknik untuk mengantisipasi peningkatan infrastruktur.

Bambang mengungkapkan, data yang dirilis oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) menyatakan bahwa  Indonesia membutuhkan sumber daya manusia dengan kualifikasi profesional dan pendidikan tinggi di bidang teknik sebanyak 2,75 juta orang hingga tahun 2025. Namun sampai saat ini tenaga yang tersedia hanya ada sekitar 750.000 insinyur dari berbagai bidang di Indonesia.

“Kebutuhan dunia kerja terhadap sarjana teknik terutama teknik sipil memang sangat tinggi, jumlah 750.000 itu tidak sebanding dengan penduduk Indonesia, oleh karenanya kami selalu berusaha menyediakan lulusan teknik yang terbaik, dari segi kualitas maupun kuantitas,” katanya,

Bambang memperkirakan, untuk mencapai target 2025, secara bertahap Indonesia harus mencetak sedikitnya 185.000 sarjana teknik per tahunnya. “Saat ini Sarjana Teknik hanya bertambah 37.000 per tahun, ini masih sangat kurang. Apalagi dalam rangka mengimplementasikan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang menargetkan Indonesia masuk dalam 10 besar dunia pada tahun 2030,” ucapnya.

JAKARTA - Dekan Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan Universitas Trisakti (Usakti), Bambang Endro Yuwono mengatakan Indonesia perlu menyiapkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News