Terjerat Dugaan Korupsi, Bupati Kolaka Dinonaktif

Terjerat Dugaan Korupsi, Bupati Kolaka Dinonaktif
Terjerat Dugaan Korupsi, Bupati Kolaka Dinonaktif
JAKARTA - Wakil Bupati Kolaka Amir Sahaka (AM), akhirnya mengambil alih puncuk pimpinan di Bumi Mekongga dari tangan Buhari Matta (BM). Ketua DPD PAN Kolaka ini, menjadi pelaksanan tugas bupati, setelah BM dinonaktifkan posisinya sebagai bupati oleh Mendagri Gamawan Fauzi. Pemberhentian sementara BM tersebut sesuai Keputusan Mendagri (Kepmen) Nomor 131.74-2740 tahun 2013.

Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Raidonysar Moenek menjelaskan, pemberhentian sementara BM terkait kasus dugaan korupsi penjualan nikel kadar rendah di Kabupaten Kolaka Tahun 2010. Bahkan saat ini, kasus BM sedang dalam proses persidangan di Pengadilan Tipikor Kendari.

   

"Pejabat manapun akan mendapat sanksi jika tersandung masalah hukum apalagi berstatus sebagai terdakwa. Tapi, itu bersifat sementara hingga ada keputusan hukum tetap dari pelaku yang terlibat dalam perkara hukum," kata Reidonnyzar Moenek saat ditemui di Jakarta, Selasa (9/4).

Reidonnyzar mengatakan agar roda pemerintahan di Kabupaten Kolaka berjalan, Mendagri telah menyerahkan SK pelaksana tugas sementara kepada Gubernur Sultra H Nur Alam, pada 5 April 2013. Rencananya, hari ini (10/4), Gubernur penyerahan SK kepada Amir Sahaka.

   

JAKARTA - Wakil Bupati Kolaka Amir Sahaka (AM), akhirnya mengambil alih puncuk pimpinan di Bumi Mekongga dari tangan Buhari Matta (BM). Ketua DPD

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News