Sabtu, 26 Juli 2014 | 20:10:07
Home / Politik / Pemilihan Umum / PKS Daftarkan 492 Caleg DPR RI ke KPU

Selasa, 16 April 2013 , 17:17:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi partai pertama yang menyerahkan Daftar Calon Sementara (DCS) untuk DPR RI kepada KPU RI. PKS mendaftarkan 492 orang untuk bertarung pada pemilihan legislatif 2014 mendatang.

PKS datang membawa 13 box plastik sedang dan 3 buah box plastik besar berisi berkas-berkas pendaftaran calon. Berkas-berkas itu diserahkan langsung kepada petugas pendaftaran di kantor KPU. "Kita mendaftar di 77 dapil yang kita isi dengan 492 orang caleg," kata Sekjen PKS, Taufik Ridho kepada wartawan di KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (16/4).

Taufik mengatakan, partainya pada pemilu mendatang masih mengandalkan muka lama. Mayoritas dari anggota legislatif aktif asal PKS kembali maju untuk pemilu 2014.

Dari total jumlah caleg, lanjut Taufik, sebanyak 301 orang atau 61,2 persen adalah laki-laki. Sedangkan sisanya, 191 orang atau 38,8 persen berjenis kelamin perempuan. Menurutnya, jumlah ini mengalami peningkatan dibanding pemilu-pemilu sebelumnya.

Sementara dari tingkat pendidikan, mayoritas caleg PKS mengenyam pendidikan tinggi dengan jumlah lulusan S1 sebanyak 57,3 persen dan S2 sebanyak 21,7 persen. "Kedua secara statisitik caleg PKS yang di rata-rata usia 30-50 tahun itu kisarannya ada 81 persen," terang Taufik.

Pada kesempatan sama, anggota Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid mengungkapkan, ada dua menteri asal PKS yang dipastikan maju sebagai caleg.  "Ya kita pastikan hanya Pak Tifatul Sembiring (Menkominfo) dan Suswono (Menteri Pertanian)," ujarnya.

Tifatul akan bertarung di daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Utara (Sumut) I. Pada Pemilu 2009 lalu, Tifatul juga terpilih sebagai anggota DPR dari Dapil Sumut I.  Sementara Suswono yang akan maju di dapil Jateng IX, sebelum jadi Menteri juga pernah terpilih sebagai anggota DPR dari dapil yang sama.

Menurut Hidayat, pencalonan kedua menteri PKS ini berdasarkan permintaan kader. "Permintaan mereka maju kembali itu berasal dari suara-suara dapil mereka yang ingin maju kembali sebagai calon legislatif (Caleg)," jelas Ketua Fraksi PKS di DPR RI itu.

Sementara untuk Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri, sudah dipastikan tidak akan maju sebagai caleg. Menurut Hidayat, Salim tidak mau maju sebagai caleg atas keputusannya sendiri.

Seperti diketahui, KPU membuka penyerahan daftar calon legislatif sementara (DCS) mulai tanggal 9-22 April 2013. Setelah diserahkan, KPU akan melakukan verifikasi terhadap DCS.(dil/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar