Kapolpos Dipilih Rakyat Secara Langsung

Kapolpos Dipilih Rakyat Secara Langsung
Kapolpos Dipilih Rakyat Secara Langsung
SIMALUNGUN-Baru sekali terjadi di Indonesia, jabatan di ‘dunia’ polisi dipilih oleh rakyat. Adalah Polres Simalungun, Sumut, yang melakukan ‘kejutan’ itu. Atas nama harapan warga yang ingin memiliki Kepala Pos Kepolisian (Kapolpos) yang dekat dengan masyarakat, pemilihan pun digelar.

Ini terjadi di Laras, Kecamatan Bandar Huluan Kabupaten Simalungun yang masih dalam jajaran hukum Polsek Perdagangan, Polres Simalungun, Rabu (17/4).

Kapolpos Laras yang lama dijabat oleh Aiptu Kastel Sitorus dan telah meninggal dunia beberapa pekan lalu. Jadi untuk mengisi kekosongan, pihak Polres Simalungun melalui Kapolres AKBP Andi S Taufik melibatkan warga untuk memilih Kapolpos Laras yang baru.

Mekanisme pemilihan Kapolpos yang baru pertama terjadi di Indonesia itu bukanlah seperti pemilihan kepala desa. Warga tidak mencoblos kertas suara dan memilih langsung Kapolpos. Adapun mekanismenya, tiga bintara berpangkat Ajun Inspektur Satu (Aiptu) dipilih menjadi calon Kapolpos.

SIMALUNGUN-Baru sekali terjadi di Indonesia, jabatan di ‘dunia’ polisi dipilih oleh rakyat. Adalah Polres Simalungun, Sumut, yang melakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News