Kamis, 17 April 2014 | 19:32:05
Home / Nasional / Sosial / SBY Ikut Soroti Tasripin, Bocah 12 Tahun jadi Buruh Tani

Jumat, 19 April 2013 , 15:00:00

RELATED NEWS

JAKARTA - Kisah Tasripin, bocah 12 tahun di Banyumas yang rela menjadi buruh tani untuk menghidupi tiga adiknya ternyata juga menggugah hati Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dalam twitternya @SBYudhoyono, Presiden mengungkapkan keprihatinannya pada Tasripin sejak Kamis (18/4) kemarin.

"Saya akan segera mengutus Staf Khusus saya bekerja sama dengan Gubernur Jawa Tengah untuk mengatasi persoalan hidup Tasripin," kata SBY di twitter.

Kisah Tasripin memang menggugah publik belakangan ini. Ia menjadi kepala rumah tangga merawat tiga adiknya Dandi, 7; Riyanti, 6; dan Daryo, 4. Ayahnya Kuswito dan kakak tertuanya Nartim pergi ke merantau ke Kalimantan. Sementara, ibunya Sutinah tewas tertimbun batu longsor saat mencari pasir di sungai, setahun lalu.

Kakak beradik ini tinggal sebatang kara di sebuah rumah ukuran 56 meter di Grumbul Pesawahan, Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Banyumas.

Terkadang Tasripin dibantu pamannya Ali yang rumahnya berdekatan dengannya. Setiap bulan ayah Tasripin hanya mampu mengirim uang Rp 300 ribu atau Rp 500 ribu untuk menghidupi empat anaknya. Tasripin sendiri tidak bisa bersekolah lagi.

Ia berhenti sejak kelas 3 SD. Ia putus sekolah karena terbentur biaya dan lebih senang merawat adik-adiknya. Jika uang yang dikirim kelebihan, Tasripin pakai untuk jajan adiknya. Selain menjadi buruh tani Tasripin juga kerja serabutan lainnya, termasuk mencarikan kayu bakar di hutan. Untuk berkomunikasi dengan ayahnya selama ini, Tasripin meminjam telepon milik tetangga.

SBY menyatakan Tasripin terlalu kecil untuk memikul beban dan tanggungjawab sebesar itu. Apalagi, ia masih harus bekerja sebagai buruh tani.

"Secara moral saya dan kita semua harus membantunya," kata Presiden lagi dalam tweetnya

SBY juga mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0701 dan masyarakat Banyumas yang telah membantu membedah rumah Tasripin. Rumah itu dipugar agar terang dan sirkulasinya lebih sehat.

Selain itu juga dibuatkan toilet dan memperbaiki dapur miliknya. Setelah diberitakan banyak media massa, Tasripin dan adiknya akhirnya banyak mendapatkan bantuan. SBY berharap masyarakat dapat meneladani contoh membantu sesama seperti yang dilakukan warga pada Tasripin. (flo/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 28.04.2013,
        00:10
        tina
        Seandainya para bupati mau blusukan ke kampung2,hal seperti itu tidak perlu terjadi.Pasti Bupati Banyumas sehari2nya hny ungkang2 di blkg meja