Jumat, 25 Juli 2014 | 12:15:51
Home / Nasional / Politik / PAN Andalkan Perempuan

Selasa, 23 April 2013 , 01:17:00

BERITA TERKAIT

PARTAI Amanat Nasional (PAN) menyerahkan daftar calon legislator sementara atau DCS ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Berkas caleg PAN diantarkan oleh banyak kader perempuan. PAN maju di 77 dapil dengan menyerahkan 560 nama calegnya.

Ketua DPP PAN Bara Hasibuan mengatakan, penyerahan berkas cakeg PAN pada hari terakhir ini dikarenakan sebelumnya partai harus menyelesaikan masalah-masalah administratif untuk mencari bakal caleg yang berkualitas. Ternyata, proses seleksi di internal memang lebih lama dibandingkan dengan apa yang kita perkirakan sebelumnya.

“Itu semua karena kita ingin menampilkan caleg-caleg yang berkualitas,” kata Bara Hasibuan kepada wartawan di Jakarta, Senin (22/4).

Bara mengatakan, PAN sudah siap bertarung melawan parpol lain pada Pemilu 2014 mendatang. Melalui nama-nama cakeg yang sudah diserahkan ke KPU  juga membuktikan bahwa PAN adalah partai terbuka. “Soal DCS ini juga menunjukkan komitmen PAN sebagai partai terbuka. Contohnya di daerah yang berbasis umat kristiani, mayoritas calegnya dari tokoh-tokoh Kristen,” katanya.

Sementara, Wakil Ketua Umum PAN Dradjad H Wibowo mengatakan, partai berlambang matahari cerah ini akan menonjolkan caleg perempuan di daerah pemilihan (dapil) potensialnya, yakni Jawa Tengah dan Jawa Barat. Dari 560 DCS, 208 atau 37 persen adalah caleg perempuan. “Kuota perempuan kita sepertinya paling banyak, dan kita menempatkan banyak caleg di nomor urut 1,” kata Dradjad saat konfrensi pers di KPU,  kemarin (22/4).

Mendaftarkan caleg pada hari terakhir, Dradjad mengaku tak kesulitan mengumpulkan caleg, utamanya caleg perempuan. Hadir saat menyerahkan nama-nama caleg, antara lain Sekjen PAN Taufiq Kurniawan, Bima Arya, Bara Hasibuan dan caleg PAN yang merupakan atlet nasioanal Yayuk Basuki.

Di tempat yang sama Ketua DPP PAN, Bima Arya mengatakan DCS yang diserahkan PAN hari ini mencerminkan tingginya regenerasi di tubuh matahar. “Komposisi PAN banyak di bawah 40 tahun ke bawah dan tersebar rata di seluruh provinsi termasuk Bali yang pertama kalinya didominasi orang Bali. PAN komitmen membawa Indonesia lebih modern,” ujarnya. (yay)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar