Sabtu, 29 November 2014 | 08:10:40
Home / Pendidikan / Pendidikan / Soal UN SD Dijamin Tak Bocor

Senin, 29 April 2013 , 09:24:00

PADANG--Sebanyak 1.556 peserta akan mengikuti Ujian Nasional (UN) SD/Madrasah Ibtidaiyah (MI) mulai Senin-Rabu (6-8/5). Ada pun mata pelajaran yang diujiankan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

"Berbeda UN SMA dan SMP, pengawasan UN tingkat SD/MI sedikit lebih longgar. Misalnya, naskah soal UN tidak disimpan di kantor polisi namun disimpan di setiap sekolah yang menyelenggarakan ujian. Hal ini mempertimbangkan keberadaan sekolah yang kebanyakan jauh dari kantor polisi," kata Kepala Dinas Pendidikan Padang, Indang Dewata didampingi Kabid Pendidikan Dasar, Jelta Masri kepada Padang Ekspres (Grup JPNN), Minggu (28/4).

Indang menambahkan naskah soal akan diterima Disdik sehari sebelum ujian, Minggu (5/5). Pembagian naskah soal ini akan dilakukan di kompleks SD Alanglaweh dan tetap dikawal kepolisian.

"Meski soal UN disimpan di sekolah penyelengara, kami menjamin kerahasiaan naskah ujian. Pasalnya tempat penyimpanan soal diberi sejumlah pengaman (gembok). Naskah ujian ini biasanya disimpan di lemari yang dinilai layak lalu diberi hingga lima kunci pengaman. Setiap kunci pengaman disimpan kepala sekolah dan pengawas sekolah," ungkap Indang.

Selain itu, kata Indang, tidak seluruh SD menjadi penyelengara ujian. Misalnya, di kompleks SD Alanglaweh dan Tanmalaka. Kompleks SD itu dijadikan satu penyelengara saja dan setiap kepala sekolah memegang kunci pengaman penyimpanan naskah ujian.

"Setelah ujian, lembar jawaban dibawa ke Posko UN SD di kantor Disdik Padang. Di posko ini akan melakukan pemindaian  lembar jawaban oleh tim. Selesai hasil pemindaian itu diantarkan ke Puskom Disdik Sumbar pada hari sama," sebutnya. (ek)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 29.04.2013,
        10:11
        kawulaning Gusti
        ga ada yang bisa jamin UN tdak bocor selama UN jadi penentu kelulusan, disekolah2 masih bermunculan tim sukses dalam tanda kutip bahkan orang tua
      2. 29.04.2013,
        09:43
        nasib
        data honorer kemenkeu th 2005 yg sudah masuk bkn dihilangkan begitu saja pak????

      此页面上的内容需要较新版本的 Adobe Flash Player。

      获取 Adobe Flash Player