Ditemukan Nyamuk Baru Kebal Obat Malaria

Ditemukan Nyamuk Baru Kebal Obat Malaria
Ditemukan Nyamuk Baru Kebal Obat Malaria
LONDON - Para peneliti menemukan jenis parasit nyamuk malaria yang kini telah kebal dari obat yang selama ini dipakai. Parasit itu ditemukan di Kamboja Barat dan merupakan jenis berbeda dari lazimnya malaria yang sudah ada selama ini di berbagai penjuru dunia.

"Organisme temuan baru ini ternyata mampu bertahan dari artemisinin, obat utama yang selama ini dikonsumsi oleh pasien malaria," ujar Kepala Peneliti Dr Olivo Miotto, dari Universitas Oxford dan Universitas Mahidol di Thailand seperti dilansir BBC, Senin (29/4).

Laporan terhadap kasus kekebalan obat muncul pertama kali tahun 2008. Sejak itu masalah nyamuk malaria kebal obat dilaporkan terus menjalar ke kawasan lain di Asia Tenggara. Penelitian terkini tentang parasit ini diterbitkan dalam jurnal ilmiah Nature Genetics.

"Semua obat yang selama ini kita anggap efektif terhadap malaria ternyata tak mempan karena parasit punya kemampuan mengagumkan untuk bermutasi dan membangun kekebalan," tambahnya.

LONDON - Para peneliti menemukan jenis parasit nyamuk malaria yang kini telah kebal dari obat yang selama ini dipakai. Parasit itu ditemukan di Kamboja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News