Seriusi UMKM, Tiga BUMN Bekerjasama Bentuk Bank Baru

Seriusi UMKM, Tiga BUMN Bekerjasama Bentuk Bank Baru
Seriusi UMKM, Tiga BUMN Bekerjasama Bentuk Bank Baru
JAKARTA - Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni Bank Mandiri, PT Pos Indonesia dan Taspen sepakat menjalin kerjasama untuk membentuk  bank joint venture. Penandatangan kesepakatankerjasama itu dilakukan oleh Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) I Ketut Mardjana dan Direktur Utama Taspen Agus Haryanto di Gedung Plaza Bank Mandiri, Jakarta, Senin (29/4) petang.

Dari hasil kesepakatan kerjasama itu akan terbentuk bank joint venture dengan nema Bank Sinar. Melalui mekanisme right issue, Bank Sinar akan menerbitkan saham baru senilai Rp 400 miliar yang nantinya akan dibeli oleh ketiga BUMN tersebut.

Menteri BUMN Dahlan Iskan yang menyaksikan penandatanganan kesepakatan kerjasama itu mengatakan,  terbentuknya bank baru itu diharapkan mendongkrak kemampuan BUMN di bidang perbankan.  "Dengan skema ini maka akan bisa menurunkan suku bunga. Dan misi ini bisa tercapai berkat kerjasama tim yang solid. Ini juga bisa menambah kekuatan bagi dunia perbankan kita," kata Dahlan.

Sedangkan Budi menjelaskan, nantinya Bank Mandiri tetap akan menjadi pemegang saham mayoritas. Sementara kepemilikan Pos Indonesia dan Taspen di Bank Sinar masing-masing sebesar 20,2 persen.

JAKARTA - Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni Bank Mandiri, PT Pos Indonesia dan Taspen sepakat menjalin kerjasama untuk membentuk 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News