Tangkis Separatis, BIN Disarankan Gandeng Intelijen Negara Lain

Tangkis Separatis, BIN Disarankan Gandeng Intelijen Negara Lain
Tangkis Separatis, BIN Disarankan Gandeng Intelijen Negara Lain
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR, Tjahjo Kumolo meyakini pihak Kementerian Luar Negeri dan Badan Intelijen Negara (BIN) sudah memetakan jaringan-jaringan kelompok separatis dan pendukungnya di luar negeri. Namun demikian, Tjahjo menyarankan BIN harus secepatnya menjalin kerjasama dengan lembaga intelijen  negara lain untuk menghadang kampany ekelompok separatis yang ingin memisahkan diri dari NKRI.

Tjahjo mengatakan, BIN bisa bertukar informasi tentang kelompok separatis dengan lembaga intelijen negara lain. "Apapun untuk memperkokoh kedaulatan, integritas dan keamanan nasional wajib dilaksanakan," ucap Tjahjo saat dihubungi wartawan, Senin (6/5).

Lebih lanjut Tjahjo mengatakan, Kementerian Luar Negeri dan harus mencermati setiap gelagat dan pergerakan-pergerakan orang per orang atau kelompok separatis yang berada di dalam dan luar negeri. Hal itu untuk menangkal meluasnya gerakan separatisme.

"Hal semacam itu harus ditangkal dan deteksi dini harus dilakukan dengan cermat. Saya yakin Kementerian Luar Negeri dan BIN sudah mengantisipasinya," terang politikus PDI Perjuangan tersebut. (gil/jpnn)

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR, Tjahjo Kumolo meyakini pihak Kementerian Luar Negeri dan Badan Intelijen Negara (BIN) sudah memetakan jaringan-jaringan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News