Jumat, 19 Desember 2014 | 15:00:28
Home / Pendidikan / Dana Sertifikasi Setahun Tersendat

Selasa, 07 Mei 2013 , 09:41:00

ACEH UTARA-  Puluhan guru non PNS di jajaran kementerian agama, Kabupaten Aceh Utara mendatangi gedung DPRK Aceh Utara, Senin (6/5). Para guru honorer ini ingin menyampaikan keluhan kalau mereka belum menerima dana sertifikasi sudah setahun lebih.  Padahal mereka sejak tahun 2011 telah dinyatakan telah lulus sertifikasi dan telah mengantongi nomor regestrasi.

Kehadiran para honorer karena telah berupaya melakukan konfirmasi dengan pihak kemenag, tapi tidak ada kejelasan. Alasan pihak kemenag Aceh Utara, dana itu sudah masuk dalam DIPA kemenag tahun 2013 tapi masih bertanda bintang. Diperkirakan ada sekitar 75 tenaga honorer yang belum menerima dana sertifikasi tersebut.

Dana itu diperuntukan untuk membayar sertifikasi guru non PNS sebanyak 408 orang dibawah Kementerian Agama Aceh Utara. Apalagi, mereka sudah lulus sertifikasi tahun 2011 lalu dan mengantongi nomor regestrasi (NRG).

“Kami sudah memenuhi persyaratan, baik bukti lulus sertifikasi dan memiliki nomor regestrasi (NRG) sejak tahun 2011 lalu. Seharusnya kami sudah menerima dana sertifikasi sejak januari 2012. Tetapi  sampai sekarang belum jelas pencairan dana sertifikasi bagi kami,”ucap Jufri dan Abdullah yang dibenarkan oleh puluhan guru lainnya kepada ketua komisi A DPRK Aceh Utara, Amiruddin B.

Sambung mereka, kondisi ini dirasakan sangat tidak sesuai dengan aturan.  Malah guru non PNS di luar Aceh Utara ada yang sudah disalurkan dana sertifikasi.  Melihat kondisi ini, pihak dewan akan segera memfasilitasi keluhan para guru dengan melakukan koordinasi dengan pihak kemenag.

“Kita akan jadwalkan pertemuan dengan pihak kemenag Aceh Utara.  rencananya Rabu besok akan kita lakukan koordinasi.  Sehingga permasalahannya menjadi jelas, dimana kendala penyaluran dana tersebut,”ucap ketua komisi A.

Seperti yang diberitakan wartawan koran ini sebelumnya, menyikapi hal tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Utara, Drs. H. Zulkifli Idris, M.Pd, didampingi Subbag Tata Usaha, Asnawi, saat dikonfirmasi Rakyat Aceh, membenarkan dana sertifikasi guru non PNS itu yang lulus sertifikasi tahun 2011 dan sudah memiliki NGR belum dicairkan.

“Dana itu sudah masuk dalam DIPA Kementerian Agama tahun 2013, sebesar Rp 8.712.000.000, tapi masih dibintang dana tersebut,”ucap Zulkifli, seraya menambahkan, informasi yang diterima pihaknya tanda bintang itu akan dihilangkan oleh Pemerintah Pusat pada April mendatang.

Menurutnya,Pemerin tah Pusat melalui Kementerian Agama RI, bukan saja memberikan tanda bintang pada dana sertifikasi guru non PNS tahun 2013 ini. Hal yang sama juga terjadi terhadap dana operasional madrasah dari tingkat MIN, MTsN dan MAN. 

Namun, saat ditanya Rakyat Aceh, besarnya dana operasional madrasah yang masih dibintang dalam DIPA, Zulkifli, tidak bisa menjelaskan jumlah anggaran tersebut karena itu ada pada setiap madrasah.

Lanjutnya,persoalaa n tanda bintang terhadap dana sertifikasi guru non PNS dan dana operasional madrasah bukan saja terjadi di Aceh Utara, tapi secara nasional di Indonesia. “Kita hanya bisa menunggu saja realisasi dana tersebut, kalau sudah cair langsung dibagikan kepada yang berhak menerimanya,”ucap Zulkifli. (agt)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
 
        1. 13.05.2013,
          23:42
          eko subandono
          memang ini ujian nasional bagi guru.tunggu saja pengumumannya nanti kan lulus.dan duit bisa nyampe ditangan kita.amien
        2. 13.05.2013,
          18:48
          haris fadilah
          Janji adalah hutang...maka banyak2lah berjanji sehingga jumlah hutang semakin menumpuk
        3. 12.05.2013,
          23:48
          ilham
          Kami yang di Kab. Rembang Jawa Tengah juga sama belum dapat kok, emang pada gak jelas... benar kata Gus Dur DEAG di hapus aja karena menjadi sarang penyamun
        4. 11.05.2013,
          20:40
          hendy febryan@yahoo.com 081346579996
          kaqpankah.? bapak walikota balikpapan mencairkan dana sertifikasi yg lulus sertifikas pada tahun 2012 tolong Pak Rizal Efendy nti pilbupsya pilih
        5. 10.05.2013,
          11:25
          kawulaning Gusti
          maklum kementiriannya kan lagi sakit secara kelembagaan, nanti setelah disuntik KPK akan sembuh
        6. 07.05.2013,
          11:18
          Andika
          Mengapa sampai saat ini sertifikat kami guru yang lulus plpg tahun 2013 aceh utara belum menerima sertifikat pendidik...

        此页面上的内容需要较新版本的 Adobe Flash Player。

        获取 Adobe Flash Player