Jumat, 21 November 2014 | 17:25:08
Home / Politik / Sutiyoso Tak Heran Caleg PKPI Tak Penuhi Persyaratan

Selasa, 07 Mei 2013 , 21:12:00

JAKARTA - Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Sutiyoso menilai wajar banyak bakal caleg partainya yang tidak memenuhi syarat. Ia pun sudah menduga bahwa hal ini akan terjadi.

"Kita sudah tahu dari awal, sudah kita antisipasi. Bayangkan waktu cuma tiga minggu itu kurang, partai-partai yang lain saja yang sudah lolos duluan masih kurang, apalagi kita yang cuma punya waktu tiga minggu," kata Sutiyoso saat dihubungi, Selasa (7/5).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan, PKPI saat mendaftarkan bacalegnya ke KPU memang tidak memerhatikan masalah kelengkapan persyaratan. Saat itu, lanjutnya, hal yang terpenting nama-nama bakal caleg PKPI telah terdaftar.

Namun, mantan Wadanjen Kopassus itu menegaskan bahwa seluruh kekurangan persyaratan sejak awal sudah dicatat. "Kita tahu mana saja yang kurang hingga akhirnya nanti kita perbaiki dan sampai sekarang sudah berjalan. Nggak ada masalah serius dan itu kita perbaiki," ujarnya.

Berdasarkan hasil verifikasi KPU, dari 512 bakal caleg yang didaftarkan PKPI tidak satu pun memenuhi syarat. Bahkan 182 orang di antaranya tidak menyerahkan berkas sama sekali.

Salah satu kekurangan persyaratan yang paling menonjol di PKPI adalah banyaknya bakal caleg yang tidak menyerahkan Kartu Tanda Anggota (KTA). Tercatat Lebih dari 220 orang caleg PKPI tidak menyerahkan KTA.

Soal hal ini Sutiyoso beralasan bahwa banyak bakal caleg partainya yang bukan berasal dari kader. "Kita ini koalisi, jadi kita juga menampung dari partai lain seperti PDS, PPPI dan lain-lain. Jadi memang ada yang belum punya KTA karena waktu tiga minggu itu sempit," tandasnya. (dil/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 08.05.2013,
        19:16
        suriani
        kok dianggap gak heran ya? padahal kan anda melanggar aturan kan udh keliatan salah.