Angka Kematian Ibu Melahirkan di AS Terus Meningkat

Angka Kematian Ibu Melahirkan di AS Terus Meningkat
Angka Kematian Ibu Melahirkan di AS Terus Meningkat
COLORADO - Jumlah kasus kematian saat persalinan ataupun komplikasi yang berkaitan dengan kehamilan di Amerika Serikat terus meningkat. Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat mencatat bahwa pada tahun 1987, dari setiap 100.000 persalinan 7 di antaranya berakhir dengan kematian sang ibu.

Namun, saat ini jumlahnya meningkat drastis menjadi 15 kematian per 100.000 persalinan. Jurnal medis, Lancet pun menempatkan Amerika di peringkat 39 dunia dalam hal tingkat kematian ibu hamil.

Para ahli masih memperdebatkan mengapa hal seperti ini bisa terjadi di negara terkaya di dunia itu. Namun, praktik seperti induksi persalinan atau intervensi medis lainnya diduga menjadi salah satu penyebabnya.

Ahli kandungan, Johnny Johnson, menyalahkan akses pelayanan kesehatan yang sangat terbatas bagi warga kurang mampu sebagai penyebab lonjakan angka kematian ibu di negeri Paman Sam. "Ini tidak dapat diterima, pemerintah harus membuat sebuah mandat untuk mengatasi ini," kata Johnson seperti dikutip Channelnewsasia, Senin (13/5).

COLORADO - Jumlah kasus kematian saat persalinan ataupun komplikasi yang berkaitan dengan kehamilan di Amerika Serikat terus meningkat. Pusat Pengendalian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News