Rabu, 27 Agustus 2014 | 16:06:42
Home / Lifestyle / Angka Kematian Ibu Melahirkan di AS Terus Meningkat

Selasa, 14 Mei 2013 , 00:11:00

BERITA TERKAIT

COLORADO - Jumlah kasus kematian saat persalinan ataupun komplikasi yang berkaitan dengan kehamilan di Amerika Serikat terus meningkat. Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat mencatat bahwa pada tahun 1987, dari setiap 100.000 persalinan 7 di antaranya berakhir dengan kematian sang ibu.

Namun, saat ini jumlahnya meningkat drastis menjadi 15 kematian per 100.000 persalinan. Jurnal medis, Lancet pun menempatkan Amerika di peringkat 39 dunia dalam hal tingkat kematian ibu hamil.

Para ahli masih memperdebatkan mengapa hal seperti ini bisa terjadi di negara terkaya di dunia itu. Namun, praktik seperti induksi persalinan atau intervensi medis lainnya diduga menjadi salah satu penyebabnya.

Ahli kandungan, Johnny Johnson, menyalahkan akses pelayanan kesehatan yang sangat terbatas bagi warga kurang mampu sebagai penyebab lonjakan angka kematian ibu di negeri Paman Sam. "Ini tidak dapat diterima, pemerintah harus membuat sebuah mandat untuk mengatasi ini," kata Johnson seperti dikutip Channelnewsasia, Senin (13/5).

Sementara Gretchen Hammer dari Colorado Coalition for the Medically Underserved mengatakan bahwa semua wanita hamil setidaknya harus memiliki akses ke satu orang tenaga medis profesional. Selain untuk perawatan, tenaga media itu juga bisa membantu sang ibu hamil memahami sistem jaminan kesehatan Amerika yang rumit.

"Bisa seorang bidan, dokter keluarga atau ahli gizi. Seseorang yang bisa diandalkan selama masa kehamilan," ucap Hammer. (nam/dil/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 14.05.2013,
        01:53
        eko subandono
        di amerika saja seperti itu,apalagi di indonesia