Minggu, 23 November 2014 | 11:35:07
Home / Pendidikan / Pendidikan / Hari Pertama 9000 Pendaftar SBMPTN

Selasa, 14 Mei 2013 , 11:32:00

JAKARTA - Senin (13/5) pukul 08.00 WIB kemarin pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) resmi dibuka secara online. Di hari pertama tercatat sebanyak 9000 orang mendaftarkan diri di website http://ujian.sbmptn.or.id.

Ketua Panitia SNMPTN merangkap panitia penerimaan SBMPTN, Akhmaloka menyebutkan, pendaftaran SBMPTN sistem online ini berjalan lancar tanpa ada kendala seperti yang terjadi pada hari pertama pendaftaran SNMPTN.

"Ada 9 ribu orang yang sudah daftar hari pertama kemarin," kata Akhmaloka dikonfirmasi JPNN.COM, Selasa (14/5).

Dia memprediksi peningkatan jumlah terjadi setelah pengumuman SNMPTN, tepatnya setelah hasil UN (Ujian nasional) diumumkan 25 Mei nanti. Karena bagi peserta seleksi SNMPTN yang tdiak lulus bisa mendaftar jalur SBMPTN.

Seleksi bersama tahun ini diikuti 62 PTN di bawah kementerian pendidikan dan kebudayaan, dan sekitar 7 PTN di bawah kementerian agama seperti Universitas Islam Negeri (UIN) dan IAIN.

Berbeda dengan SNMPTN yang menjadikan nilai rapor dan nilai UN sebagai penilaian acuan penilaian, SBMPTN ditentukan oleh hasil ujian tulis yang dilaksanakan 18-19 Juni 2013.

Ditekankannya juga bagi peserta SNMPTN yang sudah dinyatakan lulus dan ingin coba-coba mendaftar jalur SBMPTN harus berhati-hati, karena begitu ketahuan oleh panitia yang memantau secara online, peserta tersebut langsung digugurkan di jalur SNMPTN.

"Ini bisa saja terjadi bagi peserta yang diterima jalur SNMPTN tapi jurusannya tidak sesuai keinginan. Kalau mendaftar juga jalur SBMPTN, resikonya kelulusanya di jalur SNMPTN digugurkan," jelas Akhmaloka.(Fat/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar

      此页面上的内容需要较新版本的 Adobe Flash Player。

      获取 Adobe Flash Player