Minggu, 31 Agustus 2014 | 07:33:33
Home / Nasional / Humaniora / Anggaran 7 Kementerian/Lembaga Dipotong Triliunan

Kamis, 16 Mei 2013 , 15:20:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Pemerintah memotong anaggaran delapan kementerian dan lembaga lebih dari Rp 1 triliun. Di antaranya  Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM, Kementerian Pertanian, Kementerian Pertahanan, dan  Kementerian Dalam Negeri.

“Untuk teknis pemotongan dilakukan dengan pemblokiran anggaran oleh masing-masing K/L (self blocking) yang selanjutnya disulkan kepada Kementerian Keuangan melalui Dirjen Anggaran untuk dilakukan pemblokiran RKA-KL/DIPA,” ungkap Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Herry Purnomo seperti yang dilansir dalam situs www.setkab.go.id, Kamis (16/5).

Berdasarkan data Ditjen Anggaran, Kementerian yang paling tinggi terkena pemotongan anggaran adalah Kementerian Pekerjaan Umum (PU) sebesar Rp 6,15 triliun, Kementerian Perhubungan Rp 2,63 triliun, Kementerian Kesehatan Rp 1,90 triliun, Kementerian ESDM  Rp 1,49 triliun, Kementerian Pertanian Rp 1,44 triliun, Kementerian Pertahanan Rp 1,39 triliun, dan Kementerian Dalam Negeri  Rp 1,23 triliun.

Hery mengatakan ada dua kementerian yang tidak terkena pemotongan anggaran belanja yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan karena berkaitan dengan pendidikan, anggaran pendidikan 20 persen tidak dipotong dan khusus Kementerian Agama kalau  untuk fungsi non pendidikan, itu nanti juga akan kita akan usahakan dipotong,” sambungnya.

Menurutnya, pemotongan anggaran yang akan dilakukan tidak mengurangi biaya tetap berupa belanja pegawai dan belanja barang operasional penyelenggaraan kantor. Pemotongan  hanya dilakukan terhadap anggaran yang bersumber dari Rupiah Murni (RM) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) (sejauh tidak menghambat pencapaian target pemerintah dan kinerja). (flo/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 17.05.2013,
        14:23
        rully
        Bagus nih. Pemotongan anggaran juga bisa jadi contoh yg baik buat masyarakat biar gaya hidupnya gak berlebihan.
      2. 17.05.2013,
        11:12
        ariyu
        Kebijakan efisiensi ini bisa juga untuk mendukung upaya pemerintah dalam reformasi birokrasi dan pemberantasan korupsi. Jadi tidak ada salahnya.
      3. 17.05.2013,
        06:25
        kebumen beriman
        honorer k2 kabupaten kebumen jawa tengah banyak data yg palsu kadinas pendidikan kebumen main-main dengan honorer k2 kab. kebumen SILA CEK