Bawa Spirit Sang Kiai ke Kampus

Bawa Spirit Sang Kiai ke Kampus
Bawa Spirit Sang Kiai ke Kampus
FILM tentang pendiri NU KH Hasyim Asy'ari bertitel Sang Kiai segera bisa dinikmati di bioskop-bioskop. Pemutaran perdana film yang menghabiskan bujet sekitar Rp 10 miliar itu dimulai 30 Mei nanti.

Pihak-pihak yang terkait dengan pembuatan film itu pun mulai getol melakukan sosialisasi, termasuk ke kampus-kampus.

 Film yang disutradarai Rako Prijanto tersebut secara umum mengangkat kisah perjuangan kakek Presiden Ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu pada periode 1942-1947. Yaitu, ketika ulama karismatis pendiri Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, tersebut berumur sekitar 70 tahun hingga wafat.

''Setting waktu itu sengaja kami pilih karena merupakan tahap krusial perjalanan bangsa ini juga,'' kata Rako Prijanto dalam acara behind the scene Sang Kiai di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Kamis(16/5).

Dalam film tersebut, Ikranegara terpilih untuk memerankan KH Hasyim Asy'ari. Pemeran Pak Harfan (kepala sekolah dalam film Laskar Pelangi) itu dipasangkan dengan aktris kawakan Christine Hakim yang berperan sebagai Nyai Kapu (istri). 

Rako mengungkapkan, proses perencanaan hingga pembuatan film itu cukup panjang.

FILM tentang pendiri NU KH Hasyim Asy'ari bertitel Sang Kiai segera bisa dinikmati di bioskop-bioskop. Pemutaran perdana film yang menghabiskan bujet

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News