Rabu, 01 Oktober 2014 | 11:04:41
Home / Internasional / Global / Virus Coronavirus Menyebar

Rabu, 22 Mei 2013 , 14:36:00

BERITA TERKAIT

TUNISIA--Serangan virus mematikan novel coronavirus (NCoV) mulai menyebar hingga Tunisia dan diyakini sebagai kasus pertama di Afrika. Karenanya, calon jamaah haji dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) harus mewaspadai Novel Coronavirus yang sedang berjangkit di Arab Saudi.

Kementerian Kesehatan Tunisia mengatakan seorang pria berusia 66 tahun warga negara Tunisia, sebelumnya telah mengunjungi Arab Saudi, yang selama ini terpapar oleh virus tersebut. Kini telah meninggal dunia akibat serangan virus mematikan tersebut.

Menurut BBC (21/5), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan sekitar 20 orang tewas dan 41 kasus telah dilaporkan di seluruh dunia sejak 2012 yang melanda kawasan Timur Tengah, seperti Arab Saudi.

NCoV merupakan satu 'keluarga' dengan virus yang menyebabkan Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS) yang mewabah pada 2003 dan menewaskan sekitar 770 orang.

"Namun, NCoV dan Sars yang berbeda satu sama lain," ujar juru bicara WHO Gregory Hartl.

Dijelaskannya, virus dapat ditularkan antara orang-orang dalam kontak dekat. Kasus ini telah terdeteksi di Arab Saudi, Yordania, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), Jerman, Inggris dan Perancis.

"Semua kasus Eropa telah memiliki hubungan langsung atau tidak langsung ke Timur Tengah, termasuk dua kasus dengan riwayat perjalanan terbaru dari UEA," lanjutnya.

Dari 41 kasus di dunia, sebagian besar diantaranya dilaporkan berasal dari Arab Saudi. Kabar terbaru, enam orang warga Arab Saudi kembali teridentifikasi terjangkit Coronavirus.

Hal ini menimbulkan kepanikan di kerajaan tersebut karena hingga Rabu minggu lalu jumlah korban tercatat 30 orang dan 15 orang di antaranya tewas. Otoritas Arab Saudi kini menerima bantuan dan saran spesialis dari Amerika Serikat dan ahli dari Universitas Kanada guna mengatasi serangan virus mematikan ini.
 
Di Indonesia sendiri, pemerintah melalui Deputi Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat bidang Koordinasi Kesehatan, Kependudukan dan Keluarga Berencana, Emil  Agustiono, dalam jumpa persnya di  Jakarta beberapa waktu lalu mengimbau masyarakat Indonesia yang ingin berpergian ke Timur Tengah, khususnya calon jamaah haji dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI), untuk mewaspadai Novel Coronavirus yang sedang berjangkit di Arab Saudi.

Novel Coronavirus merupakan virus yang, mematikan karena dapat menyerang otak, saluran pernapasan dan lapisan paru-paru, dengan penularan antar-manusia. Namun, belum diketahui sumber penularan dari virus mematikan itu.

Indonesia merupakan negara yang kerap memberangkatkan ratusan ribu calon jamaah haji dan tenaga kerja Indonesia ke Arab Saudi, sehingga kewaspadaan perlu ditingkatkan. “Novel Coronavirus perlu kita waspadai karena kita setiap tahun mengirimkan ratusan ribu calon jamaah haji dan Umrah ke Arab Saudi dan juga TKI,” katanya.

Dirinya juga mengaku heran virus itu berkembang di Arab Saudi padahal  cuacanya  panas  terik karena biasanya virus akan mati dalam cuaca panas. Coronavirus dapat menyebabkan infeksi pernafasan pada manusia dan hewan. Gejalanya ditandai dengan demam, batuk, dan kesulitan bernafas. Biasanya bisa menyebabkan kematian jika virus sudah mengakibatkan pneumonia dan, kadang-kadang, gagal ginjal. (Esy/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar