Swasta Diwacanakan Ikut Lelang Jabatan

Swasta Diwacanakan Ikut Lelang Jabatan
Swasta Diwacanakan Ikut Lelang Jabatan
JAKARTA--Setelah gubernur DKI Jakarta dan Bupati Pakpak Barat mengadakan lelang jabatan, kini langkah serupa diikuti Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang segera menerapkan sistem promosi jabatan secara terbuka. Hal ini menambah daftar instansi pemerintah yang akan membuka diri terhadap masuknya PNS dari berbagai instansi.

Sebelumnya, sudah ada 39 instansi yang melaporkan akan melakukan promosi jabatan secara terbuka. Namun kompetisi itu masih di lingkungan PNS. “Mungkin setelah tahun 2025, bisa saja dibuka kompetisi tidak hanya di lingkungan PNS, tetapi juga mengundang dari swasta,” ujar Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN-RB) Eko Prasojo dalam keterang persnya, Rabu (22/5).

Dikatakan, promosi jabatan secara terbuka atau yang sering disebut dengan istilah lelang jabatan, sudah sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Undang-Undang 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian. Promosi terbuka merupakan bagian penting dalam penataan manajemen SDM aparatur, untuk memastikan bahwa orang-orang yang terpilih benar-benar memiliki kompetensi yang dibutuhkan, dan tidak ada unsur like and dislike.

“Hal ini menjamin terwujudnya penerapan merit sistem dalam pembinaan karir pegawai. Pada akhirnya yang menetapkan adalah pejabat pembina kepegawaian (PPK), dari hasil promosi terbuka itu,” ujarnya.

JAKARTA--Setelah gubernur DKI Jakarta dan Bupati Pakpak Barat mengadakan lelang jabatan, kini langkah serupa diikuti Gubernur Jawa Timur Soekarwo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News