Tujuh Gunung di Indonesia Berstatus Siaga

Tujuh Gunung di Indonesia Berstatus Siaga
Tujuh Gunung di Indonesia Berstatus Siaga
MANADO - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung (PVMG) Bandung menetapkan tujuh gunung api di Indonesia berstatus siaga. Terbanyak berada di Sulawesi Utara dan lainnya tersebar di beberapa provinsi.

"Yang berada di Sulawesi Utara adalah Gunung Soputan, Gunung Karangetang dan Gunung Lokon," kata Kepala PVMBG, Surono di Manado, Jumat (24/5) seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan, empat gunung api lainnya masing-masing Gunung Ijen di Banyuwangi Jawa Timur, Gunung Rokatenda di Pulau Palue Nusa Tenggara Timur, Gunung Papandayan di Kabupaten Garut Jawa Barat serta Gunung Sangiang Api di Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat.

Kata Surono, semua gunung tersebut terus dipantau aktivitas vulkaniknya untuk peningkatan kewaspadaan. Dia mengatakan, ketika gunung akan meletus pasti akan ada tanda-tanda yang ditunjukkan seperti peningkatan kegempaan. Tapi kapan akan terjadinya letusan tidak bisa diramal.

MANADO - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung (PVMG) Bandung menetapkan tujuh gunung api di Indonesia berstatus siaga. Terbanyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News