Teliti Racun Lebah Bikin Hidup Pasien HIV/AIDS Lebih Panjang

Teliti Racun Lebah Bikin Hidup Pasien HIV/AIDS Lebih Panjang
Teliti Racun Lebah Bikin Hidup Pasien HIV/AIDS Lebih Panjang
SURABAYA - Temuan baru di bidang teknologi kedokteran oleh Lembaga Penyakit Tropis Universitas Airlangga (LPT Unair) bisa jadi angin segar bagi para pasien HIV/AIDS. Pasalnya, satu bulan terakhir tim tengah melakukan uji klinis terkait dengan kombinasi pengobatan antara racun lebah dan propolis lebah. Cara ini dipercaya bisa memperkuat sistem imun pasien.

Mereka menggeber penelitian tersebut setelah beberapa bulan lalu mendengar kabar seorang gadis sembilan tahun penderita HIV/AIDS di AS yang kesehatannya meningkat drastis setelah diberi propolis lebah yang dikombinasikan dengan bee venom alias racun lebah.

RS Unair pun berani mencoba kombinasi tersebut kepada pasien HIV/AIDS yang dirawat di RS Unair. Pasien itu berusia 40 tahun, berjenis kelamin laki-laki, dan kini menjalani perawatan di RS tersebut.

Laki-laki yang tidak disebutkan namanya itu sebenarnya merupakan pasien Ketua Institut of Tropical Disease Universitas Airlangga Prof Dr dr Nasronudin SpPD KPTI. ""Pasien baru saja terdiagnosis menderita HIV/AIDS sekitar dua bulan terakhir,"" ujar Kepala Pusat Studi Perlebahan LPT Unair James Hutagalung.

SURABAYA - Temuan baru di bidang teknologi kedokteran oleh Lembaga Penyakit Tropis Universitas Airlangga (LPT Unair) bisa jadi angin segar bagi para

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News