Ribuan Buruh Ancam Mogok Massal

Ribuan Buruh Ancam Mogok Massal
Ribuan Buruh Ancam Mogok Massal
PALEMBANG - Lantaran menilai upah minimum masih dianggap rendah dan belum layak, ribuan buruh di Sumsel yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) akan melakukan mogok kerja. Rencananya, mogok massal ini pada 16 Agustus mendatang.

Sekretaris Jenderal DPP KSPSI, Subianto SH mengatakan, aksi itu juga akan dilakukan serentak secara nasional. “Kita akan adakan mogok massal di Sumsel berbarengan dengan daerah lain karena para buruh harus sejahtera,” ucapnya dalam diskusi panel di Hotel Graha Sriwijaya, Rabu (29/5).

Menurutnya ada tiga poin penting yang menjadi tuntutan para buruh. Pertama, para buruh haruslah mendapatkan jaminan sosial yang layak. Apalagi, mulai Januari 2014 mendatang sudah dilaksanakan jaminan kesehatan nasional.

Para buruh juga meminta dihapuskannya sistem outsourcing yang selama ini banyak diterapkan di BUMN/BUMD. Padahal, kata Subianto, seharusnya instansi ini memberikan contoh yang baik kepada perusahaan swasta lainnya untuk menerapkan hukum ketenagakerjaan yang benar.

PALEMBANG - Lantaran menilai upah minimum masih dianggap rendah dan belum layak, ribuan buruh di Sumsel yang tergabung dalam Konfederasi Serikat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News