Imunisasi, Modal Immateri Anak

Imunisasi, Modal Immateri Anak
Imunisasi, Modal Immateri Anak
TARAKAN – Pencegahan penyakit infeksi sejak dini yang paling efektif dengan pemberian imunisasi. Sebab, dengan imunisasi tubuh akan melawan kuman dengan kekebalan yang sebelumnya sudah ada, atau lebih alami. Berbeda dengan penggunaan antibiotik yang bisa menyebabkan kuman bermutasi, sehingga kuman akan kebal atau resisten terhadap obat tersebut.

Seperti yang dikemukakan Dokter Spesialis Anak, dr Franky Sientoro kepada Radar Tarakan (Grup JPNN). Katanya, kini antibiotik telah dipakai secara umum dan bebas, sementara dengan risiko resistensi pada kuman, maka penggunaannya tidak berguna lagi. “Pada imunisasi yang diberikan adalah bagian dari kuman, atau bagian dari kuman yang menimbulkan kekebalan,” jelasnya.

Bagian dari kuman tersebut, dijelaskannya bisa menimbulkan kekebalan terhadap kuman tertentu yang diberikan kepada tubuh, untuk membentuk antibiotik sendiri didalam tubuh yang biasa disebut sebagai antibodi.

Menurutnya, antibodi adalah antibiotik yang pembentukannya lebih alami. Dicontohkannya, imunisasi yang ada saat ini sudah bisa mencegah cacar, polio, campak dan penyakit lainnya. “Penyakit-penyakit lainnya yang bisa dicegah, terutama adalah penyakit campak, kemudian DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus), BCG (Bacillus Calmette Guerin) untuk TBC, hepatitis A dan B,” sebutnya.

TARAKAN – Pencegahan penyakit infeksi sejak dini yang paling efektif dengan pemberian imunisasi. Sebab, dengan imunisasi tubuh akan melawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News