Rupiah Sempat Tembus Level Rp 10.000 Per USD

Rupiah Sempat Tembus Level Rp 10.000 Per USD
Rupiah Sempat Tembus Level Rp 10.000 Per USD
JAKARTA - Rupiah yang akhir pekan lalu bersusah payah merangkak naik, awal pekan ini kembali terempas sentimen global. Meski demikian, pemerintah terus menunjukkan sikap tenang untuk mendinginkan pasar.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, pemerintah terus memantau gejolak rupiah yang kemarin terperosok hingga mendekati level psikologis 10.000 per dolar AS (USD). "Ini fenomena yang biasa terjadi di financial market (pasar keuangan)," ujarnya kemarin (10/6).

Pada perdagangan di pasar uang kemarin, nilai tukar rupiah memang sangat fluktuatif. Data pantauan Reuters menunjukkan, rupiah sempat melemah hingga level 9.966 per USD pada pukul 10.00 WIB. Namun, pada pukul 16.00 WIB, rupiah kembali stabil di posisi 9.810 per USD.

Di pasar berjangka, rupiah bergerak lebih liar. Data kantor berita Bloomberg menunjukkan, nilai tukar rupiah pada kontrak non-deliverable forward (NDF) untuk masa pengantaran 1 bulan ke depan sempat menembus level 10.355 per USD. Ini merupakan level terendah sejak Agustus 2009. Adapun untuk nilai tukar harian, rupiah ditutup di level 10.090 per USD.

JAKARTA - Rupiah yang akhir pekan lalu bersusah payah merangkak naik, awal pekan ini kembali terempas sentimen global. Meski demikian, pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News