718 Penderita HIV/AIDS Minta Jamkesda

Tunggu Rekomendasi Wali Kota dan DPRD

718 Penderita HIV/AIDS Minta Jamkesda
718 Penderita HIV/AIDS Minta Jamkesda
DEPOK - Ratusan warga Kota Depok yang menderita Human Immunodeficiency Virus  (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) meminta pemerintah daerah setempat menerima mereka sebagai peserta Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Pasalnya, ratusan orang yang hidup dengan AIDS (Odha) ini mengaku terbebani biaya pengobatan.

    

Apalagi, hingga kini penularan virus penyakit yang belum ada obatnya itu terus meningkat di kota yang berbatasan dengan DKI Jakarta itu. Data LSM Layak, hingga kini di Kota Depok tercatat 718 pengidap HIV yang tersebar di 11 kecamatan. Dengan penularan, periode 2008- 2010 tercatat 700 warga Kota Depok terkena HIV/AIDS.

Sementara, periode Februari-Mei 2013 terdapat 18 orang terindikasi mengidap HIV/AIDS. Sedangkan, data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok periode 2008-2010 terdapat 400 penderita virus yang menyerang kekebalan tubuh tersebut. Pada 2013 tercatat hanya 12 pengidap HIV saja yang terdata. 

Koordinator Sub Resdipen Yayasan Kaki Depok, Tommy Soemantri mengatakan Jamkesda bisa diperuntukan bagi pengidap HIV/AIDS. Sebab, para penderita penyakit itu korban yang tidak mengetahui akan tertular virus HIV dari orang lain. Penularannya biasanya bukan hanya melalui hubungan seks bebas. Tapi juga bisa karena narkoba, transfusi darah atau dari ibu yang menderita HIV.

DEPOK - Ratusan warga Kota Depok yang menderita Human Immunodeficiency Virus  (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) meminta pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News