Jumat, 31 Oktober 2014 | 16:47:16
Home / Nasional / Humaniora / Nama-nama Kuat Calon Kapolri Pengganti Timur

Kamis, 13 Juni 2013 , 16:30:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Adrianus Meliala mengatakan pertemuannya dengan dua calon kuat Kapolri, Komjen Sutarman dan Komjen Anang Iskandar, Kamis (13/6) bukan dalam kapasitas mereka sebagai calon Kapolri.

Bicara masalah pengusulan nama-nama calon Kapolri ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Adrianus mengaku baru akan disampaikan awal Juli mendatang. "Belum, awal juli ini. Kami kan sudah melakukan berbagai macam cara, ya kami pikir awal juli lah kami kirimkan nama-nama tersebut," kata Adrianus di Mabes Polri.

Pihaknya mengaku nama-nama calon Kapolri sudah bisa dimunculkan setelah adanya kesepakatan antara Kompolnas dengan Kapolri dan Menko Polhukam mengenai mekanismenya. Namun dia masih malu-malu menyebut nama-nama yang akan diusulkan ke Presiden.

"Belum tau. Kami akan adakan finalisasi tanggal 27-28 Juni sehingga pada tanggal 2 atau 3 Juli setelah hari Bhayangkara baru diketahui," jawabnya.

Sejauh ini Kompolnas sudah bisa memprediksi nama-nama yang akan masuk bursa calon Kapolri itu ada 11 nama. Tiga di antara mereka jenderal bintang tiga dan 8 jenderal bintang dua. Untuk bintang tiga adalah Kabareskrim Komjen Pol Sutarman, Komjen Pol Budi Gunawan (Kalemdikpol), dan Komjen Pol Anang Iskandar (Kepala BNN).

"Kami memperkirakan ada 11 nama sih. Ada tiga orang bintang tiga, sekiannya bintang 2. Mengenai berapa yang kami ajukan ke Presiden akan kami putuskan saat finalisasi nanti," ujar Adrianus.

Sedangkan nama-nama jenderal bintang dua yang berpeluang masuk bursa calon Kapolri di antaranya Kapolda Metro Jaya Irjen Putut Bayu Seno, mantan Kapolda Jawa Barat Irjen TB Anis Angkawijaya yang baru saja dilantik menjabat Kadiv TI Polri.

Kemudian Kapolda Sumsel Irjen Saud Usman, Wakabareskrim Irjen Anas Yusuf, Kapolda Bali Arief Wachyudi, dan Asisten Operasi Baharkam Irjen Badrolin Haiti.(Fat/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 24.07.2013,
        16:26
        moorman
        Pak timur ini memqng seharusnya perlu dipercepat pergantiannya krn kinerja beliau selama ini sangat kurang.tks
      2. 11.07.2013,
        03:07
        Soetanto
        Apa zaman dahulu,skrg,n yg akan datang takkan diberikan kesempatan Orang BATAK utk jdi KAPOLRI