Tekanan Rupiah Mulai Mereda

Kenaikan BI Rate Tenangkan Pasar

Tekanan Rupiah Mulai Mereda
Tekanan Rupiah Mulai Mereda
JAKARTA - Tekanan hebat terhadap rupiah sepanjang pekan ini akhirnya mereda. Dalam penutupan perdagangan kemarin, nilai tukar rupiah yang sudah empat hari melemah, mulai menguat tipis.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, kebijakan kenaikan suku bunga acuan BI Rate berhasil menenangkan pasar valuta asing (valas) maupun surat utang (Surat Berharga Negara/SBN). "Pasar sudah mulai kondusif," ujarnya kemarin (14/6).

Data kurs BI berdasar Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) menunjukkan Rupiah kemarin ditutup di level 9.886 per dolar AS (USD), naik 1 basis poin dibanding penutupan Kamis (13/6) yang di posisi 9.887 per USD. Ini adalah penguatan pertama setelah sejak Senin hingga Kamis, rupiah terus melemah.

Sementara itu, data pasar spot valas yang dihimpun Bloomberg kemarin menunjukkan Rupiah ditutup di level 9.875 per USD, naik 10 basis poin dibanding posisi sebelumnya yang di level 9.885 per USD.

JAKARTA - Tekanan hebat terhadap rupiah sepanjang pekan ini akhirnya mereda. Dalam penutupan perdagangan kemarin, nilai tukar rupiah yang sudah empat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News