Turki Berada di Tepi Jurang

Turki Berada di Tepi Jurang
Turki Berada di Tepi Jurang
KETIKA saya mengunjungi Turki akhir tahun lalu, negara ini sedang menikmati perhatian dunia sebagai sebuah benteng demokrasi, memiliki pertumbuhan dan stabilitas ekonomi – sebuah kombinasi yang langka di dunia Muslim.

Namun saat ini, hanya dalam enam bulan kemudian, betapa hal-hal telah berubah dengan banyaknya demonstrasi yang mengguncang kota-kota di Turki!

Unjuk rasa memang mengekspos garis-garis retakan yang kritis di Turki. Tetapi pertama-tama, ada suatu konteks yang diketahui bahwa Perdana Menteri tiga periode Recep Tayyip Erdogan dengan partai beraliran neo-islamis yang didirikannya Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP)telah mengubah Turki.

Dibawah kendali mereka, ekonomi Turki tumbuh pada tingkat yang mengejutkan, termasuk pertumbuhan sebesar 8.5% pada tahun 2011. Turki juga muncul sebagai sebuah kuasa regional yang meminta konsesi dari sekutu dominannya, Israel dan menegaskan kemerdekaannya dalam soal konflik Suriah.

KETIKA saya mengunjungi Turki akhir tahun lalu, negara ini sedang menikmati perhatian dunia sebagai sebuah benteng demokrasi, memiliki pertumbuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News