Rupiah Makin Terpuruk

Reposisi Portofolio, Investor Pilih Aman

Rupiah Makin Terpuruk
Rupiah Makin Terpuruk
JAKARTA - Kepastian kenaikan harga BBM bersubsidi rupanya belum mampu menjadi obat ampuh untuk memperkuat nilai tukar rupiah. Kemarin (18/6) rupiah justru makin terjerembap ke posisi terendahnya sejak 15 September 2009.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Difi Johansyah mengatakan, pelemahan signifikan rupiah lebih banyak dipicu sentimen global. "Tapi, pelemahan ini masih dalam level yang terjaga," ujarnya ketika dihubungi kemarin.

Data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) yang menjadi acuan BI menunjukkan, rupiah kemarin (18/6) ditutup di level Rp 9.918 per USD. Melemah 37 poin dibandingkan penutupan Senin (17/6) yang di posisi Rp 9.881 per USD.

Di pasar spot rupiah juga terjungkal. Data Bloomberg menunjukkan, rupiah sempat diperdagangkan di level Rp 10.054 per USD sebelum akhirnya menguat di akhir sesi perdagangan ke level Rp 9.908 per USD. Level tersebut masih lebih rendah daripada posisi sebelumnya di Rp 9.888 per USD. Sementara itu, data Reuters menyebutkan, rupiah kemarin ditutup di level Rp 10.003 per USD, juga lebih rendah daripada posisi sehari sebelumnya di Rp 9.888 per USD.

JAKARTA - Kepastian kenaikan harga BBM bersubsidi rupanya belum mampu menjadi obat ampuh untuk memperkuat nilai tukar rupiah. Kemarin (18/6) rupiah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News