17 Kosmetik Mengandung Bahan Berbahaya

17 Kosmetik Mengandung Bahan Berbahaya
17 Kosmetik Mengandung Bahan Berbahaya
PURBALINGGA- Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) merilis 17 jenis kosmetik yang dinilai berbahaya digunakan. Bahan-bahan dalam kosmetik yang dinyatakan berbahaya diantaranya bahan-bahan pemutih. Misalnya merkuri, hidrokinon, asam retinoat dan resorsinol.

Kepala DKK Purbalingga, drg Hanung Wikantono MPPM menjelaskan, pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri dapat memperlambat pertumbuhan janin, mengakibatkan keguguran dan kemandulan.

"Kondisi ini menjadikan peringatan kepada konsumen dalam upaya melindungi masyarakat.  Karenanya, semua harus tetap berhati- hati saat membeli kosmetik. Minimal melihat izin Depkes, BPOM RI dan lainnya. Paling tidak bisa dijadikan langkah antisipasi untuk konsumen," paparnya, Rabu (19/6). 

"Tak disadari, kadang pemakaian merkuri awalnya membuat flek hitam wajah hilang. Namun sebenarnya, jika pemakaian dihentikan, justru flek akan semakin melebar, wajah semakin gelap dan kusam. Ironisnya, jika dipakai terus-menerus bisa mengakibatkan kanker dan kerusakan ginjal," tambahnya.

PURBALINGGA- Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) merilis 17 jenis kosmetik yang dinilai berbahaya digunakan. Bahan-bahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News