Lima Belas Bank Siap Hadapi MEA

Mampu Bersaing di Pasar ASEAN

Lima Belas Bank Siap Hadapi MEA
Lima Belas Bank Siap Hadapi MEA
JAKARTA--Upaya Bank Indonesia (BI) untuk mendorong sektor perbankan bersaing di level ASEAN diperkirakan bisa berhasil. Setidaknya, BI mencatat telah ada 15 bank yang siap berkompetisi dengan bank-bank besar lainnya di pasar internasional.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Difi Ahmad Johansyah mengatakan, salah satu syarat bank untuk mampu menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015 mendatang adalah pemenuhan kriteria permodalan yang diatur dalam regulasi multiple license (izin berjenjang). Menurut ketentuan PBI Nomor 14/26/PBI/2012 tentang Kegiatan Usaha dan Jaringan Kantor Berdasarkan Modal Inti Bank, dijelaskan bahwa bank dibedakan menurut kategori buku I hingga IV.

Menurut dia, bank kategori buku I adalah yang memiliki modal inti di bawah Rp 1 triliun. Sementara buku II memiliki modal inti minimum Rp 1 triliun hingga di bawah Rp 5 triliun. Selanjutnya untuk bank dalam buku III mempunyai modal inti minimum Rp 5 triliun hingga Rp 30 triliun. Sedangkan bank kategori buku IV memiliki modal inti minimum Rp 30 triliun.

"Saat ini yang masuk buku IV ada empat bank. Sementara buku III ada 11 bank. Itu yang setidaknya bisa bersaing di MEA. Sisanya 47 bank di buku II dan 59 bank di buku I, masih harus meningkatkan modal lagi," ungkap Difi.

JAKARTA--Upaya Bank Indonesia (BI) untuk mendorong sektor perbankan bersaing di level ASEAN diperkirakan bisa berhasil. Setidaknya, BI mencatat telah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News