Getol Kampanye Revolusi Orange Dikira Incar Jabatan

Getol Kampanye Revolusi Orange Dikira Incar Jabatan
Sobir di depan kantornya, Pusat Kajian Hortikultura Tropika, IPB Bogor. Foto: GUNAWAN SUTANTO / JAWA POS
Program pengembangan buah tropis yang digagas Institut Pertanian Bogor (IPB) dan BUMN yang dikenal dengan nama Revolusi Orange tak bisa dilepaskan dari Prof Dr Ir Sobir. Berkat penelitian intensif kepala Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT) IPB itu, Indonesia kini punya sejumlah varietas buah tropis unggulan.

 

GUNAWAN SUTANTO, Jakarta

Beberapa minggu lalu PTPN VIII (Persero) sukses memanen pisang barangan sebanyak 700 ton di Subang, Jawa Barat. Itulah salah satu varietas buah tropis unggulan hasil penelitian para ahli PKHT IPB yang dikomandani Prof Sobir.

 

Pisang barangan memiliki sejumlah keunggulan yang disenangi masyarakat. Yakni, rasa daging buahnya lebih manis, kering, dan beraroma sedap. Selain pisang barangan, PKHT punya varietas pisang unggulan lain seperti pisang unti sayang. Pisang itu berbuah tanpa jantung. Secara ukuran juga lebih besar daripada pisang jenis lain.

 

Program pengembangan buah tropis yang digagas Institut Pertanian Bogor (IPB) dan BUMN yang dikenal dengan nama Revolusi Orange tak bisa dilepaskan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News