Arab Dominasi TKI Bermasalah

Arab Dominasi TKI Bermasalah
Arab Dominasi TKI Bermasalah
JAKARTA - Arab Saudi masih menjadi negara yang menyumbang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bermasalah terbanyak. Berdasarkan data Crisis Center Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), jumlah kasus negara kaya minyak tersebut mencapai 6.516 kasus.

Dari jumlah tersebut, 3.720 kasus telah diselesaikan dan 2.796 kasus masih diproses. Sementara di tempat kedua adalah Malaysia dengan 1.385 kasus. Sebesar 883 kasus di antaranya sudah selesai dan 502 lainnya masih diproses. Diposisi ketiga adalah Jordania dengan 643 kasus. Sekitar 344 kasus sudah selesai dan 299 masih proses.

Kepala BNP2TKI M. Jumhur Hidayat mengatakan, rata-rata kasus yang dialami sama di setiap negara di antaranya gaji tidak dibayar, gaji di bawah standar, putus komunikasi dengan keluarga, TKI ingin pulang, pekerjaan tidak sesuai Perjanjian Kerja (PK), meninggal di luar negeri, hingga korban tindak kekerasan majikan.

”Sejak didirikan 27 Juni 2013, Crisis Center telah menangani 12.270 aduan kasus TKI. Jumlah tersebut merupakan pengaduan terverifikasi sampai 27 Juni 2013,” ungkapnya saat perayaan HUT Crisis Center kedua di Jakarta, Kamis (27/6).

JAKARTA - Arab Saudi masih menjadi negara yang menyumbang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bermasalah terbanyak. Berdasarkan data Crisis Center Badan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News