Kaget WC Helikopter

Kaget WC Helikopter
Ani Yudhoyono. FOTO: dok/JPNN Grup
RENDAHNYA kesadaran masyarakat Indonesia akan sanitasi membuat Ibu Negara Ani Yudhoyono prihatin. Dia menyadari, masih banyak warga yang menganggap remeh pentingnya sanitasi.

 

"Mereka buang sampah sembarangan, BAB (buang air besar) sembarangan di ladang dan sungai. Tanpa mereka sadari, karena perbuatan mereka itu, sudah tercemari lingkungan. Akibatnya fatal, bisa menyebabkan penyakit, bahkan kematian," ungkap Ani saat bersilaturahmi dengan peserta Jambore Sanitasi Nasional 2013 di Istana Negara kemarin (28/6).

 

Perempuan 60 tahun itu heran menyaksikan kebiasaan-kebiasaan masyarakat, khususnya kebiasaan BAB yang sembarangan. Istri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut kaget saat mengetahui ada yang dinamakan WC helikopter. "Mereka mendirikan WC di atas sungai, namanya helikopter. Kita sedang mengeluarkan hajat, yang dilihat helikopter. Jadi, WC itu dinamakan WC helikopter," ujar ibu dua anak tersebut.

 

Pemilik nama asli Kristiani Herawati tersebut menyadari, masih banyak masyarakat yang belum memiliki akses terhadap jamban yang sehat. Karena itu, dia meminta pemerintah daerah dan swasta memprioritaskan sanitasi menjadi isu penting di daerahnya. "Pemerintah sejak awal menekankan isu sanitasi sebagai agenda penting yang harus dilakukan," ucapnya. (ken/c10/ca)

RENDAHNYA kesadaran masyarakat Indonesia akan sanitasi membuat Ibu Negara Ani Yudhoyono prihatin. Dia menyadari, masih banyak warga yang menganggap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News