19 Nyawa PMK Elit Tewas Melawan Api

19 Nyawa PMK Elit Tewas Melawan Api
19 Nyawa PMK Elit Tewas Melawan Api
API yang mengamuk dan menghanguskan 800 hektare lahan di Arizona merenggut 19 nyawa personel Hot Shot, pasukan elite pemadam yang bermarkas di Prescott. Tragedi tersebut membuat pemadam kebakaran Prescott kehilangan 20 persen personel.

Sebelum kebakaran di Yarnel Hill, profil kelompok elite pemadam itu sudah dikupas media lokal tahun lalu. Saat itu mereka bersiap menghadapi musim kebakaran lahan. Tahun ini mereka juga mendapat apresiasi dari penduduk lokal setelah berhasil mengatasi kebakaran lahan di dekat Prescott pada awal bulan ini.

"Tim Hot Shot itu bisa dikatakan memadamkan api dengan api," kata Juru Bicara sekaligus kru di Pemadam Kebakaran Prescott Wade Ward kepada harian Prescott Daily Courier dalam sebuah wawancara pekan lalu. "Mereka seperti menghilangkan bahan bakar dari dalam api," tambahnya.

Dia menambahkan, para personel Hot Shot dilatih dengan keras dan memiliki jam terbang tinggi dalam kondisi yang ekstrem. Ketika kebakaran besar terjadi di Yarnell, kondisinya memang sangat parah. "Ketika mereka tiba di lokasi, api bergerak sangat cepat," ungkap Fraijo kepada AP.

API yang mengamuk dan menghanguskan 800 hektare lahan di Arizona merenggut 19 nyawa personel Hot Shot, pasukan elite pemadam yang bermarkas di Prescott.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News